Kisah Sukses

BGNmobi memperoleh peningkatan pendapatan iklan sebesar 60% dengan AdMob dan Firebase

BGNmobi memperoleh peningkatan pendapatan iklan sebesar 60% dengan AdMob dan Firebase

Tim di balik BGNmobi, yang memberikan pengalaman perangkat seluler yang lebih cerdas, cepat, dan aman dengan berbagai aplikasi utilitas dan keamanan, tidak pernah kehabisan ide. Pada kenyataannya, terlalu banyak proyek yang harus mereka kerjakan.

“Banyak ide bagus yang terus menanti untuk diterapkan,” ucap Burak Göncü, Founder dan CEO BGNmobi. “Aplikasi pertama kami dirilis pada 2011, tetapi hal-hal yang harus kami lakukan terus bertambah.”

Untuk membantu menetapkan prioritas, tim developer global tersebut memutuskan bahwa mereka perlu memahami 10 juta pengguna aktifnya di aplikasi AppLocker, DNS Changer, dan aplikasi lainnya dengan lebih baik. BGNmobi ingin mengidentifikasi kebutuhan pengguna yang membayar dan tidak membayar serta menemukan cara untuk memonetisasi pengalaman pengguna yang tidak membayar.

BGNmobi memutuskan untuk menggunakan Firebase Remote Config untuk bereksperimen dengan berbagai format iklan AdMob. Dengan Remote Config, developer dapat mengontrol, mengubah, dan mengoptimalkan tampilan serta perilaku aplikasi mereka secara dinamis tanpa merilis versi baru. BGNmobi memperoleh peningkatan pendapatan sebesar 60% dan memperkenalkan konten premium kepada pengguna yang tidak membayar dengan iklan reward tanpa memengaruhi retensi secara negatif.

Mempelajari 10 juta pengguna aktif BGNmobi lebih lanjut

Karena BGNmobi sudah lama bekerja sama dengan Google, mereka paham bahwa AdMob dan Firebase merupakan alat yang diperlukan untuk memahami penggunanya dengan lebih baik.

“Kami menggunakan Firebase untuk memahami audiens dan meningkatkan kualitas pengalaman pengguna,” ujar Göncü.

Saat mereka menyadari bahwa mereka memiliki terlalu banyak ide baru untuk mengoptimalkan aplikasinya, tim BGNmobi merasa mereka perlu memahami hal yang paling diinginkan oleh penggunanya. Dengan Firebase Remote Config, mereka dapat menguji idenya pada sekelompok kecil pengguna secara acak, lalu mengukur dampaknya terhadap KPI penting, termasuk retensi dan pendapatan. Terkadang fitur baru dapat menyebabkan kenaikan pada satu KPI dan penurunan pada KPI lainnya, sehingga BGNmobi harus menetapkan prioritas untuk target KPI-nya sebelum memulai pengujian dan memvalidasi metrik performa sebelum merilis fitur atau perubahan kepada pengguna global mereka. BGNmobi juga dapat menguji berbagai jenis format iklan dan menganalisis pengaruhnya terhadap konversi, engagement, pendapatan, dan KPI lainnya di seluruh aplikasi.

Pengujian menghasilkan peningkatan pendapatan iklan yang tinggi

Sejak awal, BGNmobi telah menggunakan iklan native di AppLocker. Mereka ingin membandingkan performa iklan native dengan format iklan AdMob lainnya. Karena tampilan serta fungsi iklan native dan iklan banner hampir sama, BGNmobi tidak mengantisipasi adanya dampak pada retensi. OIeh karena itu, mereka memilih pendapatan iklan sebagai KPI pengujiannya. Mereka menggunakan Firebase Remote Config untuk melakukan eksperimen selama empat minggu dengan memperlihatkan iklan native kepada separuh pengguna globalnya dan iklan banner kepada separuh lainnya. Hasilnya, pendapatan iklan meningkat sebesar 60% dengan iklan banner.

"Hasil ini sangat mengejutkan kami," kata Göncü. "Secara umum, iklan native dikenal sebagai iklan dengan performa yang lebih tinggi daripada iklan banner."

Menurut Göncü, kesuksesan pengujian ini terjadi berkat waktu pemuatan format iklan banner yang lebih cepat di layar kunci AppLocker. Waktu penayangan rata-rata layar kunci adalah sekitar empat detik. Oleh karena itu, waktu pemuatan memiliki peran yang sangat penting, khususnya pada smartphone versi lama.

Setelah kesuksesan awal tersebut, BGNmobi menerapkan pengujian menggunakan iklan di layar pembuka aplikasi terhadap 50% basis pengguna globalnya lagi. Mereka memperoleh peningkatan pendapatan iklan sebesar 15% sekaligus memastikan rasio retensinya tidak mengalami perubahan. BGNmobi kini menggunakan iklan di layar pembuka aplikasi pada tujuh dari delapan aplikasinya.

Selanjutnya, developer mereka menargetkan pengguna yang tidak membayar di aplikasi DNS Changer. Ketika pengguna tersebut menutup layar untuk berlangganan, separuh dari total pengguna global akan melihat iklan reward yang menawarkan penggunaan aplikasi dan fitur premiumnya tanpa biaya selama jangka waktu tertentu. Separuh lainnya tidak menerima penawaran tersebut.

Iklan reward meningkatkan keseluruhan pendapatan kami hingga sebesar 5% tanpa memengaruhi rasio retensi kami,” ucap Göncü. “Ini merupakan gabungan pendapatan dari langganan dan iklan.”

photo

Dengan Google AdMob dan Firebase, kami ingin memperluas ekosistem kami untuk menjangkau 10 juta pengguna aktif berikutnya.

Burak Göncü, Founder dan CEO, BGNmobi

Menjangkau 10 juta pengguna aktif berikutnya

Göncü mengatakan bahwa timnya akan menambah penggunaan AdMob, Firebase Remote Config, dan produk Firebase lainnya. Dia berkata memahami pelanggan merupakan kunci untuk mendorong perkembangan di masa mendatang.

“Dengan Google AdMob dan Firebase,” ucap Göncü, “kami ingin memperluas ekosistem kami untuk menjangkau 10 juta pengguna aktif berikutnya.”