Chris Bick meluncurkan aplikasi untuk menemukan FitBit sebagai aplikasi berbayar di App Store dan Play Store pada tahun 2016. Penggunaan produk yang solid menjadi dasar pendirian Bickster, yang dengan cepat berekspansi untuk menawarkan dua belas aplikasi.
Menemukan sumber pendapatan yang skalabel
Saat Chris meluncurkan Bickster, perusahaan tersebut mengandalkan langganan dan pembelian dalam aplikasi sebagai sumber pendapatan. Namun, model khusus berbayar menciptakan hambatan untuk penggunaan yang luas dan membuatnya sulit untuk berkompetisi dengan aplikasi gratis. “Sudah sejak lama,” ujar Chris, “kami berfokus pada 5% orang yang tertarik untuk membayar aplikasi kami, dan bukan pada 95% orang yang tertarik pada aplikasi, namun tidak siap membayar.” Jadi, tim Bickster memutuskan untuk mulai menguji aliran pendapatan iklan dan menjalankan pengujian A/B dengan Firebase untuk memahami dampak aplikasi berbayar vs aplikasi freemium yang didukung iklan dengan AdMob. Meskipun pendapatan pembelian dalam aplikasi sedikit menurun karena adanya iklan, mereka mendapati bahwa keseluruhan pendapatan per aplikasi meningkat, sehingga memberikan keyakinan kepada tim untuk melanjutkan model freemium yang didukung iklan di semua aplikasi mereka.
Monetisasi yang didukung iklan membuka peluang pertumbuhan yang sangat besar
Peralihan Bickster ke aplikasi yang didukung iklan menghasilkan dampak yang luar biasa: pendapatan meningkat sebesar 600% dalam setahun dan total pendapatan aplikasi diharapkan meningkat dua kali lipat di tahun ini. “Peralihan ke model pendapatan yang berbasis iklan membawa perubahan yang mendasar,” Chris mengonfirmasi. Dampak terbesarnya adalah Bickster kini dapat menggratiskan aplikasi mereka, sehingga memungkinkan lebih banyak orang mengakses alat mereka dan juga membantu mereka bersaing dengan lebih efektif.
Mempelajari peluang pendapatan baru dengan insight data dan iklan
Dengan iklan yang diintegrasikan ke dalam aplikasi, pertumbuhan pendapatan yang dihasilkan memungkinkan tim berfokus pada pengoptimalan pengalaman pengguna. “Memiliki bisnis digital sangat menakjubkan,” ujar Chris. “Anda bisa mengukur semuanya. Dengan data yang diperoleh dari AdMob dan Google Firebase, kami bisa menyesuaikan pengalaman iklan untuk setiap pengguna dan menyeimbangkan iklan serta pembelian dalam aplikasi. Ini membuat pengalaman iklan mereka lebih relevan dan tidak terlalu mengganggu. Ini adalah solusi yang saling menguntungkan bagi kami dan pengguna akhir.”
Bickster menggabungkan data AdMob dan Firebase dengan beberapa platform lainnya untuk mendapatkan gambaran lengkap tentang performa bisnis. Data ini membantu mengoptimalkan pelaporan internal untuk memahami penjualan, konversi, nilai umur, dan lainnya.
Chris dan timnya berencana mengembangkan Bickster dengan membuat aplikasi baru, merekrut lebih banyak karyawan, dan melakukan hal yang mereka sukai. “Pendapatan iklan telah mengubah bisnis kami dan memberi kami dorongan yang dibutuhkan untuk berkembang,” ia menyimpulkan. “Kami sangat antusias dengan peluang ke depannya dan bahwa kami mampu membangun bisnis yang kami sukai.”