Sebagai salah satu portal terbesar di dunia untuk permainan papan dan kartu online, MegaJogos yang berbasis di Brasil telah membuat game kasual sejak 2002. Pada awalnya, MegaJogos memulai dengan aplikasi desktop yang terdiri dari game kartu klasik multipemain seperti Canasta, Spades, dan Hearts serta permainan papan seperti Dominos. Aplikasi seluler MegaJogos yang dirilis pada tahun 2012 menghadirkan banyak permainan papan dan kartu yang ada di aplikasi desktop, kemudian diikuti peluncuran serangkaian aplikasi independen untuk game yang paling populer.
Dari waktu ke waktu, studio melihat bahwa sangat banyak pengguna baru aplikasi game-nya yang berhenti bermain setelah menghabiskan 35 koin gratis yang mereka terima karena menginstal aplikasi dan menyelesaikan pendaftaran. Gustavo Rupp, Development Manager, bertanya-tanya apakah churn akan menurun — artinya lebih sedikit pemain yang meninggalkan game — jika studio menambah jumlah koin. Jika ya, bisakah dilakukan pengujian dan validasi terkait jumlah optimal koin untuk mengurangi churn, mempertahankan kualitas pengalaman pengguna, dan meningkatkan pendapatan?
Melalui serangkaian eksperimen menggunakan Firebase Remote Config, tim menemukan jumlah optimal koin untuk mengurangi churn pengguna baru tanpa mengurangi pendapatan dari pembelian dalam aplikasi (IAP) atau iklan dalam aplikasi (IAA).
Pada tahun 2020, setelah mempelajari bidding AdMob, tim pertumbuhan MegaJogos memutuskan untuk mencobanya sebagai solusi untuk membantu meningkatkan pendapatan iklan dan menghemat waktu dalam pengelolaan iklan harian. Setelah menggunakan iklan reward dan mengintegrasikan bidding di aplikasi paling populernya, MegaJogos meningkatkan pendapatan iklan lebih dari 300%. Dengan demikian, studio ini dapat berfokus pada pengembangan aplikasi baru dan memperluas jangkauan ke pasar baru.
Mencari tahu cara meningkatkan retensi pengguna baru
Pada 2012, developer Brasil, MegaJogos — yang dikenal sebagai GameVelvet di negara-negara berbahasa Inggris — meluncurkan aplikasi seluler di Android dan iOS, yang menghasilkan pendapatan dari pembelian dalam aplikasi dan iklan dalam aplikasi. MegaJogos menawarkan kepada pemain kemampuan untuk bersaing satu sama lain di berbagai permainan papan dan kartu yang populer, termasuk Truco dan Dominos. Seiring dengan peningkatan popularitas aplikasi, studio menemukan permintaan yang tinggi untuk game individual dalam aplikasi. Studio saat ini sudah merilis lebih dari 30 aplikasi permainan papan dan kartu individual yang menghasilkan pendapatan terutama dari iklan dalam aplikasi.
“Kami memulai dengan game yang sangat populer di Brasil,” ujar Rupp, yang tanggung jawabnya mencakup akuisisi pengguna berbayar dan pendapatan iklan. “Kemudian, kami menambahkan game kartu lain dari seluruh dunia. Saat ini, game kami sudah tersedia dalam lima bahasa.”
Tim MegaJogos memprioritaskan desain game dan pengalaman pengguna untuk setiap aplikasi game di portofolionya. Rupp mengatakan bahwa analisis data pengguna mengindikasikan jumlah pengguna baru yang kembali setelah sesi game pertama mereka lebih rendah jika dibandingkan dengan aplikasi game serupa. Ia ingin memahami dan memvalidasi dengan lebih baik alasan pengguna ini tidak kembali sesering yang diharapkan setelah menginstal dan berinteraksi dengan aplikasi pada hari kesatu (H+1).
Menggunakan Firebase Remote Config untuk solusi pengujian A/B
Tim pengalaman pengguna (UX) di studio game memberikan hipotesis bahwa masalahnya mungkin disebabkan jumlah koin dalam game yang diterima oleh pengguna baru sebagai reward untuk pendaftaran. Menggunakan Google Analytics for Firebase, tim menemukan bahwa pemain yang baru saja mendaftar akan meninggalkan aplikasi setelah menghabiskan suplai awal mereka sebanyak 35 koin.
Tim MegaJogos telah menggunakan Firebase Remote Config sejak 2018. Tim dapat mengonfigurasi hampir segala hal dalam aplikasi dan telah menjalankan lebih dari 90 pengujian A/B hingga saat ini. Tim dapat dengan mudah menyiapkan dan melakukan serangkaian eksperimen untuk menganalisis performa reward 35 koin versus jumlah lainnya. Tujuannya adalah untuk menentukan jumlah optimal koin yang diperlukan untuk mendorong pengguna baru agar tetap berinteraksi dengan aplikasi, sehingga meningkatkan retensi dan penghasilan iklan secara keseluruhan.
Saat memutuskan apakah akan memberi pengguna 35, 100, atau 200 koin di aplikasi MegaJogos, Rupp pada awalnya mendapati bahwa 100 koin adalah jumlah yang efektif dalam meningkatkan rasio retensi tanpa menurunkan pendapatan IAP. Namun, 200 koin adalah jumlah paling ideal ketika menyeimbangkan rasio retensi dengan pendapatan IAP dan IAA. Ia bertanya-tanya apakah ia dapat mengonfirmasi temuan tersebut dengan Dominos dan game mandiri lainnya yang dirilis studio. Ada beberapa variasi dengan aplikasi lain, tetapi semuanya menunjukkan peningkatan retensi dan pendapatan jika jumlah koin yang diterima pengguna untuk pendaftaran ditambah secara signifikan.
“Kami sangat puas dengan hasil ini,” ujar Rupp. “Kami akan terus menggunakan Firebase untuk meningkatkan proses kami. Saat ini, kami sudah menjalankan sekitar 20 pengujian A/B yang berbeda.”
Bidding AdMob dan iklan reward membantu menghemat waktu dan meningkatkan pendapatan iklan tiga kali lipat
Tim MegaJogos kemudian memfokuskan perhatiannya pada monetisasi iklan. Tim telah menggunakan mediasi waterfall selama beberapa tahun, tetapi bersedia untuk menggunakan solusi baru. Pada 2020, Rupp memutuskan untuk mencoba bidding AdMob setelah mempelajari lelang real-time-nya untuk lebih dari 200 sumber permintaan. Setelah menggunakan bidding, MegaJogos menguji iklan reward, penempatan iklan, dan insentif koin di tiga aplikasinya. Setelah satu bulan saja, pendapatan iklannya meningkat sebesar 40%.
Rupp mengatakan bahwa ia adalah penggemar bidding AdMob. Selama dua tahun terakhir, AdMob telah membantu studio meningkatkan pendapatan iklan sebesar lebih dari 300%. Ia mengatakan bahwa sangat mudah melakukan konfigurasi dan pengelolaan dibandingkan dengan mediasi waterfall, sehingga menghemat waktu dan sumber daya perusahaan untuk pengelolaan iklan.
“Google sangat penting bagi bisnis kami,” ujarnya. “Kami menganggapnya sebagai partner penting yang tepercaya. Oleh karena itu, kami sangat bersedia untuk membantu mereka menguji dan meningkatkan produk dan fitur baru.”