Panduan

Cara mengoptimalkan strategi iklan dalam aplikasi

Cara mengoptimalkan strategi iklan dalam aplikasi

Siap untuk mulai menampilkan iklan di aplikasi Anda?

Ada beberapa cara untuk memonetisasi aplikasi seluler Anda. Anda dapat membuat aplikasi berbayar untuk memperoleh penghasilan setiap kali seseorang memutuskan untuk menginstal aplikasi Anda. Anda dapat membuat aplikasi gratis atau berbayar yang menawarkan pembelian dalam aplikasi (IAP) untuk item, kredit, atau fitur tambahan. Atau, Anda dapat memilih untuk menampilkan iklan di aplikasi Anda, yang memungkinkan Anda memperoleh penghasilan melalui iklan atau dengan mendorong pengguna untuk mengupgrade dari versi aplikasi gratis ke aplikasi berbayar.

Meraih penghasilan dengan iklan dalam aplikasi

Kunci untuk memperoleh penghasilan dari menampilkan iklan umumnya ditentukan oleh model pendapatan utama Anda. Apakah Anda berencana untuk hanya mengandalkan klik iklan itu sendiri? Atau, menggunakan iklan display untuk mendorong pengguna mengupgrade ke versi aplikasi berbayar Anda?


Jika Anda memutuskan untuk berfokus pada model klik iklan, sebaiknya buat aplikasi gratis yang akan sangat bermanfaat atau menyenangkan untuk digunakan secara rutin. Iklan yang ditampilkan di aplikasi Anda tidak boleh mengganggu, namun masih cukup jelas untuk menarik perhatian pengguna.

Menguji performa iklan

Ada batas yang sering kali terlihat rumit dan sangat tipis antara menampilkan iklan di aplikasi Anda untuk mencapai sasaran pendapatan dibandingkan dengan menampilkan terlalu banyak iklan yang mengalihkan pengguna.


Itulah mengapa sangat disarankan untuk menguji berbagai opsi display iklan untuk iklan dalam aplikasi Anda. Misalnya, Anda dapat menguji berbagai penempatan, format, dan waktu untuk menampilkan iklan guna melihat kombinasi mana yang mendapatkan klik atau upgrade terbanyak tanpa memengaruhi retensi atau menyebabkan proses uninstal aplikasi.

Menghadirkan pengalaman yang menarik bagi pengguna

Semakin banyak pengujian yang Anda lakukan, semakin besar kemungkinan Anda dapat menemukan keseimbangan yang tepat antara pendapatan yang dihasilkan dan pengalaman pengguna yang baik. Selain memantau analisis aplikasi Anda, kami juga mendorong Anda untuk membaca Komentar dan Ulasan tentang aplikasi Anda di app store - Sering kali Anda akan mendapatkan masukan spesifik dari pengguna tentang pendapat mereka yang sebenarnya terhadap aplikasi dan pengalaman iklan Anda secara keseluruhan.


Setelah Anda menemukan keseimbangan antara pendapatan iklan yang dihasilkan dan upaya mempertahankan pengalaman pengguna yang baik, siklus yang menguntungkan akan terbentuk yang akan menghasilkan ulasan pengguna yang positif, download yang lebih banyak, dan pada akhirnya pendapatan yang lebih besar. Silakan kunjungi blog Google AdMob untuk mempelajari inovasi produk terbaru dan kisah sukses pelanggan untuk monetisasi aplikasi.